KPU: ribuan dukungan Eggi Sudjana fiktif

komisi pemilihan umum (kpu) kabupaten jember menyebutkan ribuan dukungan bakal calon gubernur jawa timur jalur perseorangan eggi sudjana akan tetapi fiktif.

berdasarkan hasil verifikasi pada tingkat desa dan kecamatan yang dilaksanakan panitia pemilihan kecamatan (ppk) tercatat sebanyak 95, 65 persen daripada total berkas dukungan yang mencapai 38 ribu lebih fotokopi kartu tanda penduduk (ktp) merupakan fiktif, tutur komisioner komisi pemilihan umum (kpu) jember, habib m. rohan, sabtu.

kpu jember melakukan verifikasi sebanyak 38 ribu fotokopi dukungan supaya pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jatim jalur perseorangan, eggi sujana-m. sihat, dan tersebar pada 26 kecamatan selama 140 desa serta kelurahan di kabupaten setempat.

penghitungan hasil verifikasi berkas dukungan cagub eggi sudjana dilaksanakan secara terbuka selama aula kpu jember hari ini serta hasilnya kurang lebih 1.700 pihak serta 4,35 persen yang benar-benar mendukung calon kepala daerah independen itu, tuturnya.

Informasi Lainnya:

dalam verifikasi faktual dan dilaksanakan, lanjut dia, ditemukan alamat dan bukan daripada kabupaten jember, melainkan kabupaten/kota lainnya pada jatim seperti kota batu, kabupaten lumajang, tuban, probolinggo, dan bondowoso.

ada serta masyarakat yang dicatut ktp-nya pada berkas dukungan itu, tapi dan bersangkutan menyatakan tidak pernah memberikan dukungan kepada eggi sudjana-m. sihat agar adalah bakal calon kepala daerah jatim, paparnya.

habib menilai pasangan cagub jatim dari jalur perseorangan tersebut belum siap juga administrasi pemberkasan dukungannya baru amburadul, oleh karenanya tak sesuai dengan ketentuan persyaratan dukungan.

sesuai undang-undang nomor 12 tahun 2008 tentang pemerintahan daerah, calon perseorangan disyaratkan mengantongi dukungan tiga persen daripada total persentasi warga. melalui ketentuan itu, bakal calon perseorangan pada jatim paling tak mesti mengantongi 1.118.096 dukungan dan dibuktikan dengan foto kopi ktp ataupun identitas yang lain.