Survei: elektabilitas PDIP tinggi di kalangan pemilih pemula

elektabilitas pdi perjuangan unggul tipis sebesar 19,5 persen dibandingkan partai golkar sebesar 19,3 persen pada kalangan pemilih pemula selama survei dan diselenggarakan lembaga survei nasional (lsn).

menurut survei, kedua partai memiliki basis massa dan sama besar, namun pdip mempunyai simpatisan yang lebih loyal dibandingkan partai golkar, kata peneliti utama lsn dipa pradipta di jakarta, minggu.

dipa menyatakan, elektabilitas pdip menduduki peringkat teratas sebab sosialisasinya dinilai lebih efektif, di mana para bakal calon anggota legislatif dan simpatisan berinisiatif memperkenalkan partai terhadap pemilih pemula juga warga tanpa komando dari ketua partai.

sosialisasi dan efektif kepada warga dengan umum mampu mendongkrak elektabilitas pdip di kelompok masyarakat pemilih pemula, ujar dipa.

Informasi Lainnya:

sementara itu, prosentase tipis dan ditunjukkan pdip serta golkar memperlihatkan bahwa golkar juga mengerjakan sosialisasi dan sama efektifnya melalui pdip.

menurut dipa, golkar mempunyai situs internal partai agar bersosialisasi ke sekolah-sekolah di semua indonesia dan berusaha menjaring suara daripada pemilih pemula.

golkar secara eksklusif `roadshow` ke sekolah-sekolah di sosialisasi untuk memperkenalkan partai juga bakal calon presidennya dalam berbagai indonesia, tutur dipa.

menyusul golkar, elektabilitas hanura menduduki posisi ketiga dengan 12,8 persen, diikuti gerindra 12,8 persen, nasdem 10,8 persen, demokrat 4,6 persen, pan 3,6 persen, pks 1,8 persen, pkb 1,6 persen, ppp 1,1 persen dan pbb 0,4 persen. sementara 11,7 responden tidak memberikan Jawaban.

survei dilaksanakan selama 1 - 7 april 2013 di 33 provinsi melalui persentasi sampel 1.230 responden dengan populasi survei berusia 16 - 20 tahun melalui menggunakan pengambilan sampel purposive random sampling.

adapun margin of error dalam survei ini merupakan 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.