Pramuka NU gelar jambore nasional pertama

pramuka dalam lingkungan lembaga studi nahdlatul ulama mau mengadakan jambore nasional di mojoagung, kabupaten jombang, jawa timur pada 24--29 juni 2013.

ini jambore nasional pertama di lingkungan pendidikan nu, kata ketua pengurus pusat lembaga studi (pp lp) ma`arif nu hz arifin junaidi saat peluncuran jambore nasional dengan tema perkemahan wirakarya ma`arif nu nasional (perwimanas) selama jakarta, sabtu.

hadir pada acara tersebut wakil ketua kwartir nasional pramuka bidang organisasi juga kerja sama amoroso katamsi, menteri pembangunan daerah tertinggal helmy faishal zaini, jajaran panitia pusat serta daerah, juga sederat anggota pramuka pada lingkungan pendidikan nu.

menurut arifin, hingga saat ini sudah terdaftar sebanyak 1216 peserta dari 19 provinsi yakni dari bali, jawa timur, jawa tengah, jawa barat, banten, diy, kalimantan barat, kalimantan sedang, kalimantan timur, bangka belitung, maluku utara, sulawesi sedang, sumatera utara, ntb, lampung, bengkulu, dki, juga jambi.

Informasi Lainnya:

target kita seluruh provinsi bisa mengutus putra terbaiknya, ujarnya.

menurut dia, acara jambore nasional nanti disamping diisi melalui aktifitas kepramukaan serta hendak diperkaya melalui berbagai kegiatan seperti latihan kepemimpinan, jurnalistik, diskusi juga penyuluhan mengenai hiv/aids, dan pentas budaya.

selain itu, lanjut dia, dalam acara jambore nanti pihaknya sekaligus mau meluncurkan gugus satuan komunitas pramuka dan menghimpun berbagai gugus kepramukaan pada lingkungan lp ma`arif nu mulai daripada satuan pendidikan, cabang, wilayah, dan nasional sebagaimana disarankan kwarnas.

arifin mengatakan lp ma`arif nu, dan mengurus pendidikan formal dari tingkat dasar dan menengah dalam lingkungan nu, membawahi 13 ribu sekolah, sepertiga di antaranya sekolah publik, dengan persentasi siswa kurang lebih sembilan juta siswa yang di ini turut menyukseskan program-program kepramukaan dan dilaksanakan dengan kwarnas, kwarda, juga kwarcab.

organisasi kepramukaan di sekolah serta madrasah kami amat massif. malahan supaya wilayah jawa timur, model perkemahan sudah rutin kami laksanakan setiap tahun dengan menyertakan perwakilan gugus depan terbaik di tiap-tiap cabang, ujarnya.

oleh karena tersebut, pihaknya optimistis dapat mewujudkan gugus satuan komunitas pramuka di lingkungan lp ma`arif nu.

karena kami memenuhi persyaratan pembentukan gugus satuan komunitas, dan selama antaranya adalah memiliki kepengurusan wilayah minimal selama lima provinsi, tutur arifin.