Donald E. Weatherbee: sengketa China Selatan uji peran Indonesia

sengketa dalam laut china selatan yang menggandeng china dan sederat negara asean menguji sejauh mana peran indonesia supaya mengembangkan solidaritas kawasan dan menghindari terjadinya eskalasi konflik.

sebagai ketua asean dalam 2011, indonesia terus memelihara visi hingga pembentukan komunitas asean (2015,red), tapi kita akan lihat apakah dapat membawa kawasan di sikap strategis koheren, dan kesatuan solidaritas politik untuk menjadi aktor asean dalam memelihara keamanan kawasan, tutur peneliti politik dan hubungan internasional donald e. weatherbee.

donald e. weatherbee, profesor dari university of south california, menungkapkan hal tersebut dalam pemaparan bertajuk kemajuan politik luar negeri indonesia dan digelar lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) selama jakarta, jumat.

hal ini menjadi tantangan supaya indonesia selama meneruskan kegemilangan politik luar negerinya. weatherbee, yang lebih daripada empat dekade telah mengerjakan penelitian di semua universitas pada asia tenggara, mengatakan sekarang usaha indonesia serta negara-negara asean supaya menggunakan jalan diskusi dengan china merupakan permintaan yang amat rumit,

Informasi Lainnya:

anda tahu rumit menyaksikan fleksibilitas pergerakan maritim china yang seakan menyebutkan kiranya sudah tidak mesti ada peraturan, ujarnya.

tidak sudah ada isu yang mengakibatkan sengketa asean semisal ini, tuturnya menambahkan.

namun, dia memuji peran menteri luar negeri indonesia marty natalegawa yang cekatan berdiplomasi di pertemuan asean 2011 --saat diketuai kamboja-- sebab berhasil mendapat persetujuan agar memulai pembahasan laut china selatan. menurut weatherbee, hasil pertemuan saat itu menyelamatkan wajah asean namun dalam masa bersamaan berhasil memelihara hubungan dengan china.

usaha terakhir marty, dapat menyelamatkan asean tapi juga tak menyerang china, katanya.

dia menambahkan, indonesia serta mesti mengingat terserah semangat persatuan yang ditularkan terhadap asean di 1979, saat vietnam menginvasi kamboja mengenai sengketa perbatasan pada thailand.

dia menyampaikan, dalam saat tersebut asean melalui inisatif menteri luar negeri indonesia mochtar kusumaatmadja mengemukakan startegi garis depan dan memicu gerakan politik dalam bangkok serta santunan militer supaya menyelasaikan permasalahan tersebut.

namun, kini saat china menantang filipina juga vietnam, mereka semisal ditinggalkan asean dengan politik, ujarnya.

sekarang ada 10 anggota asean, dan kebanyakan memliki perjanjian investasi dan hubungan menarik dengan china dibanding solidraitas asean, katanya.

indonesia serta asean sekarang tengah mendesak china agar mendiskusikan permasalahan dalam laut china selatan dan segala potensi ekonomi pada wilayah tersebut. konfrensi tingkat tinggi asean dalam pekan ini dalam brunei darusalam menghasilkan kesepatakan untuk memikirkan pertemuan menlu china dan asean tahun ini pada beijing, china.