Inggris punya bukti penggunaan senjata kimia di Suriah

inggris mempunyai bukti sedikit namun persuasif mengenai penggunaan senjata kimia selama suriah, tergolong gas sarin, kata kementerian luar negeri inggris.

kami memiliki info yang sempit tapi persuasif daripada berbagai sumber dan menunjukkan penggunaan senjata bahan kimia di suriah, termasuk gas sarin, papar juru bicara kantor kementerian luar negeri, kamis, menyusul komentar serupa oleh pejabat amerika serikat.

ini sangat memprihatinkan. penggunaan senjata kimia adalah kejahatan perang, ujarnya semisal dikutip afp.

kami sudah diberitahu dengan sekutu, mitra serta pbb mengenai Informasi ini dan kami berusaha secara aktif supaya membeli Informasi lebih lanjut juga lebih menarik, ujarnya.

Informasi Lainnya:

laporan awal bulan ini menyebutkan para ilmuwan militer inggris telah mengenal sampel tanah dan dibawa tinggal dari daerah yang dekat dengan damaskus juga menemukan hasil pengujian menunjukkan sampel itu positif mengandung senjata kimia, biarpun pemerintah belum mengkonfirmasi hal itu.

pengumuman dari inggris tersebut muncul tak berlarut sesudah gedung putih mengatakan suriah kemungkinan membeli senjata kimia terhadap pasukan pemberontak selama skala kecil, tapi menekankan jika agen mata-mata amerika serikat baru belum 100 persen yakin.

washington sudah berulang kali menyatakan penggunaan senjata kimia dengan rejim presiden suriah bashar al-assad ingin dinilai sebagai sebuah penampilan dan melintasi garis merah serta memicu kemungkinan penampilan militer.

inggris menyatakan suriah harus mengizinkan pengamat internasional.

bashar mesti berusaha sama melalui warga internasional dan membuktikan kiranya rezimnya tak sudah melakukan kejahatan yang mengerikan ini, yang memungkinkan akses tak sedikit untuk

pbb juga opcw (organisasi agar pelarangan senjata kimia) guna mengerjakan penyelidikan dalam lapangan dalam suriah, tutur juru bicara kementerian luar negeri.