Obama berbicara dengan Karzai pascaserangan NATO

presiden amerika serikat barack obama, selasa, melakukan pembahasan melalui presiden afghanistan hamid karzai, dan berdasarkan kaum pejabat disebut untuk sebuah konsultasi biasa, tiga hari sesudah serangan udara nato dan menewaskan 11 putri afghanistan.

gedung putih mengumumkan pembahasan itu namun tidak mengatakan apakah obama membahas perihal serangan itu, yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa daripada kelompok masyarakat sipil dan telah memesan marah karzai serta terserah menguji hubungan kabul serta washington.

sebuah pernyataan gedung putih menyatakan kiranya para pemimpin membahas transisi keamanan daripada nato kepada pasukan afghanistan serta upaya perdamaian dan pengakuan pimpinan afghanistan.

presiden karzai menegaskan dukungannya kepada proses inklusif supaya mempersiapkan pemilihan umum afghanistan dalam 2014, serta para pemimpin melaporkan kiranya pemilihan publik yang bebas, adil, serta kredibel akan berguna bagi waktu depan afghanistan serta berlanjutnya dukungan internasional, papar pernyataan itu, berdasarkan afp.

Informasi Lainnya:

obama memuji pembahasan karzai baru-baru ini dengan emir qatar perihal kemungkinan membuka kantor taliban pada negara teluk tersebut agar mendorong upaya rekonsiliasi selama afghanistan.

karzai akan tetapi itu menyampaikan kiranya ia menyambut baik serah terima kendali penjara bagram bulan kemarin pada afghanistan. penjara tersebut acapkali merupakan sumber ketegangan antara washington dan kabul.

para pemimpin berkomitmen bahwa tim mereka mau terus menjaga tahanan berbahaya tak terlibat dalam medan perang serta bekerja sama pada kemitraan dalam fasilitas itu, konsisten melalui kedaulatan afghanistan.

pembicaraan telepon antara obama juga karzai tersebut diselenggarakan setelah pemimpin afghanistan tersebut di hari minggu amat mengutuk serangan nato pada provinsi kunar yang berbatasan dengan pakistan dan menurut kaum pejabat afghanistan telah menewaskan 11 anak-anak.

setelah suatu serangan udara selama februari 2012 dan menewaskan 10 penduduk sipil, sebagian sulit wanita serta anak, karzai melarang pasukan keamanan afghanistan supaya menggarap serangan udara nato.

namun tak gamblang apakah larangan itu telah dioperasikan, serta banyak operasi dilaksanakan bersama-sama dengan pasukan nato serta afghanistan.

serangan terbaru tersebut terjadi sehari setelah sedikitnya lima pihak penduduk amerika serikat, termasuk betul diplomat perempuan muda, tewas selama dua serangan taliban dalam timur serta selatan negara itu, itulah seperti yang dilaporkan dengan afp.