PVMBG: status Kawah Timbang masih siaga

pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (pvmbg) mengatakan kawah timbang selama desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa tengah, masih berstatus siaga.

hingga ketika ini, masih `siaga` sebab aktivitas kegempaannya baru tinggi, papar kepala pvmbg surono saat dihubungi diantara dari banjarnegara, rabu.

berdasarkan pengamatan yang dilakukan tim tanggap darurat pvmbg dalam pos pengamatan gunung api (pga) dieng, papar dia, selama hari selasa (9/4) jam 18.00--00.00 wib, terjadi Salah satu kali gempa vulkanik pada.

selain itu, cuaca di kurang lebih kawah timbang terlihat cerah, angin tenang, serta tampak asap putih tipis sampai tebal dihembuskan dengan tekanan lemah sampai ketinggian 50--100 meter.

bau belerang tidak tercium dalam jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah selama jarak 1.500 meter ke arah selatan dari kawah timbang.

Informasi Lainnya:

di luar radius 1.000 meter dari kawah timbang, tidak terdeteksi keberadaan gas vulkanik pada udara bebas yang berbahaya kepada kehidupan, katanya.

namun pada pengamatan dan diselenggarakan selama rabu jam 00.00--06.00 wib, terekam adanya dua kali gempa vulkanik dalam.

bau belerang tercium tajam dalam jarak 1.000 meter ke arah barat dan tercium lemah pada jarak 1.500 meter arah selatan daripada kawah timbang. kami tetap merekomendasikan supaya tidak ada aktivitas masyarakat selama jarak 1.000 meter daripada kawah timbang, katanya.